Taekwondo

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Taekwondo

Post by xizr on Sat Sep 15, 2007 12:17 pm

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) adalah olah raga bela diri Korea yang paling populer dan juga merupakan olah raga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan di Olimpiade.

Dalam bahasa Korea, hanja untuk Tae berarti "menendang atau menghancurkan dengan kaki"; Kwon berarti "tinju"; dan Do berarti "jalan" atau "seni". Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai "seni tangan dan kaki" atau "jalan" atau "cara kaki dan kepalan". Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olah raga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.

Meskipun ada banyak perbedaan doktriner dan teknik di antara berbagai organisasi taekwondo, seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhlan lawan dari kejauhan. Dalam suatu pertandingan, tendangan berputar, 45 derajat, depan, kapak dan samping adalah yang paling banyak dipergunakan; tendangan yang dilakukan mencakup tendangan melompat, berputar, skip dan menjatuhkan, seringkali dalam bentuk kombinasi beberapa tendangan. Latihan taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan, tetapi pada umumnya tidak menekankan grappling (pergulatan).

Tiga Materi Dalam Berlatih
* Poomse atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.
* Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
* Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.

Filosofi Sabuk pada Tae Kwon Do
* Putih melambangkan kesucian,awal/dasar dari semua warna,permulaan.
* Kuning melambangkan bumi,disinilah muali ditanamkan dasar-dasar TKD dengan kuat.
* Hijau melambangkan hijaunya pepohonan,pada saat inilah dasar TKD mulai ditumbuhkembangkan.
* Biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari.
* Merah melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita.
* Hitam melambangkan akhir,kedalaman,kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan.
Perubahan warna sabuk,harus memperlihatkan perubahan menyeluruh sikap hidup kita.

Terminologi Tae Kwon Do
Sabeum = Instruktur
Sabeum Nim = Instruktur Kepala
Seonbae = Senior
Hubae = Junior
Tae Kwon Do Junshin = Prinsip Ajaran Tae Kwon Do
Muknyeom = Meditasi
Dobok = Seragam Tae Kwon Do
Ti = Sabuk Latihan
Oen = Kiri
Oreon = Kanan
Joonbi = Siap
Sijak = Mulai
Kalryeo = Stop
Keysok = Lanjutkan
Keuman = Selesai
A Nee = Tidak
Yee = Ya
Eolgol = Sasaran atas
Moumtong = Sasaran tengah
Arae = Sasaran bawah
Do Jang = Tempat latihan

Pukulan dan Tendangan
1.Pukulan
Yeop Jireugi = Pukulan Samping
Chi Jireugi = Pukulan Dari Bawah Keatas
Dolryeo Jireugi = Pukulan Mengait
Pyojeok Jireugi = Pukulan Dengan Sasaran
2.Tendangan
Ap Chagi = Tendangan Kedepan
Dollyo Chagi = Tendangan Melingkar Depan
Yeop Chagi = Tendangan Samping
Dwi Chagi = Tendangan Kebelakang
Twieo Chagi = Tendangan kebelakang Yang Dilakukan Sambil Melompat

Buat administrator (putu -- Litle brother)... tolong cariin logo Taekwondo trus masukin ya!
avatar
xizr
Siswa Baru
Siswa Baru

Male
Jumlah posting : 36
Age : 34
Lokasi : lampung
Pekerjaan : worker
Reputasi : 0
Registration date : 13.09.07

Lihat profil user http://www.xizr82.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re : LOgo TAEKWONDO

Post by putu-yoga on Sat Sep 15, 2007 12:26 pm

xizr wrote:Buat administrator (putu -- Litle brother)... tolong cariin logo Taekwondo trus masukin ya!
Mm, Di masukin dimana mas ??? lol!

_________________
Ayo kita Majukan FPI (Forum pelajar indonesia)
avatar
putu-yoga
Admin
Admin

Male
Jumlah posting : 839
Age : 24
Lokasi : Sengata
Pekerjaan : Pelajar
Reputasi : 0
Registration date : 13.09.07

Lihat profil user http://putu.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by Ri_an_lip on Fri Sep 28, 2007 6:48 pm

ternyata ikut taekwondo itu susah banget. kakiku serasa mau patah.
avatar
Ri_an_lip
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 530
Age : 24
Lokasi : diatas bumi, dibawah langit
Pekerjaan : pelajar, dll
Reputasi : 0
Registration date : 16.09.07

Lihat profil user http://r1c4d.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by Lord Mist on Sat Sep 29, 2007 12:18 am

Wa Taekwondo sabuk putih langsung brenti...
avatar
Lord Mist
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 367
Age : 26
Lokasi : 1 & 0 City
Pekerjaan : Cracker Menuju Taubat
Reputasi : 0
Registration date : 28.09.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by Ri_an_lip on Sat Sep 29, 2007 10:03 am

Lord Mist wrote:Wa Taekwondo sabuk putih langsung brenti...
kenapa berhenti?
avatar
Ri_an_lip
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 530
Age : 24
Lokasi : diatas bumi, dibawah langit
Pekerjaan : pelajar, dll
Reputasi : 0
Registration date : 16.09.07

Lihat profil user http://r1c4d.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by Lord Mist on Sat Sep 29, 2007 10:09 am

Rgn wrote:
Lord Mist wrote:Wa Taekwondo sabuk putih langsung brenti...
kenapa berhenti?

Kagak cucok...
Emang kalo Tae Kwon Do teknik tekniknya fokus kemana sih?
avatar
Lord Mist
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 367
Age : 26
Lokasi : 1 & 0 City
Pekerjaan : Cracker Menuju Taubat
Reputasi : 0
Registration date : 28.09.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by Ri_an_lip on Sat Sep 29, 2007 10:23 am

tekniknya fokus keseluruh bagian tubuh
avatar
Ri_an_lip
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 530
Age : 24
Lokasi : diatas bumi, dibawah langit
Pekerjaan : pelajar, dll
Reputasi : 0
Registration date : 16.09.07

Lihat profil user http://r1c4d.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by irmey dian on Sun Jun 08, 2008 12:17 am

taekwondo kan fokus kaki

maksudku..lebih sring pake kaki bwt nyerang
avatar
irmey dian
Siswa on Ospek
Siswa on Ospek

Female
Jumlah posting : 97
Age : 23
Lokasi : `koala [deket] lumpur`
Pekerjaan : pelajar cocew`heheh`
Reputasi : 0
Registration date : 07.06.08

Lihat profil user http://cherry-blossom.sosblog.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by areta on Wed Jun 11, 2008 4:47 pm

betul.. lebih sering pake kaki.

aku dulu ampe kuning baru brenti.. hehehe..
beda dikit..
avatar
areta
Siswa Junior
Siswa Junior

Female
Jumlah posting : 126
Age : 26
Lokasi : jakarta utara
Pekerjaan : pelajar
Reputasi : 0
Registration date : 10.06.08

Lihat profil user http://mayadidub.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by irmey dian on Wed Jun 11, 2008 5:02 pm

napa berhenti??


avatar
irmey dian
Siswa on Ospek
Siswa on Ospek

Female
Jumlah posting : 97
Age : 23
Lokasi : `koala [deket] lumpur`
Pekerjaan : pelajar cocew`heheh`
Reputasi : 0
Registration date : 07.06.08

Lihat profil user http://cherry-blossom.sosblog.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by uckiha on Tue Jun 24, 2008 7:30 am

areta wrote:
betul.. lebih sering pake kaki.

aku dulu ampe kuning baru brenti.. hehehe..
beda dikit..


Kenapa berhenti?? lanjutin dong, siapa tahu di jalan ada cowok yang menggganggu kamu.
avatar
uckiha
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 299
Age : 29
Lokasi : Negeri air
Pekerjaan : Pembunuh (minimal merancang pembunuhan dengan nilai seni tinggi)
Reputasi : 0
Registration date : 03.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Taekwondo

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik