Khasiat Buah Pisang..!!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Khasiat Buah Pisang..!!

Post by @pache on Sun Sep 16, 2007 12:05 am

Gizi lebih tinggi daripada apel

Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Makanan ringan dari pisang sangat populer bagi masyarakat di perkotaan maupun pedesaan. Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang cukup populer antara lain kripik asal Lampung, sale (Bandung), molen (Bogor), dan epe (Makassar).

Ada laporan yang menyebutkan bahwa pisang berasal dari Asia Tenggara, Brasil, dan India. Di Asia Tenggara, pisang diyakini berasal dari Semenanjung Malaysia dan Filipina. Pisang telah lama berkembang di India, yaitu sejak 500 tahun sebelum Masehi dan menyebar sampai ke daerah Pasifik. Pisang berkembang subur pada daerah tropis yang lembab, terutama di dataran rendah. Karena itu, di daerah hujan turun merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Tidak heran, Indonesia, Kepulauan Pasifik, dan Brasil terkenal sebagai negara pengekspor pisang.

Namun, Indonesia tidak termasuk dalam 15 negara terbesar di dunia yang mengonsumsi pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

Berdasarkan cara konsumsi, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu banana dan plantain. Banana adalah pisang yang lebih sering dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, contohnya pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Plantain adalah pisang yang dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Energi Instan
Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.

Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya.

Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.

Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Kaya Mineral
Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin). Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.
avatar
@pache
Admin
Admin

Male
Jumlah posting : 296
Age : 36
Lokasi : halah..
Reputasi : 1
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://komid.net/forums/index.php?referrerid=942

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by jack1988 on Sat Sep 22, 2007 2:04 am

pisang emang multifungsi banget bro.. khusus na buat para cewek. Nyengir Nyengir
avatar
jack1988
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 125
Age : 29
Lokasi : FIRE_place
Pekerjaan : NETworking
Reputasi : 0
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://www.zonehacking.usersboard.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by Ransomon on Sat Sep 22, 2007 10:02 am

jack1988 wrote:pisang emang multifungsi banget bro.. khusus na buat para cewek. Nyengir Nyengir

contohe??

Bingung
avatar
Ransomon
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 532
Age : 97
Lokasi : Bandung Kota Kembang
Pekerjaan : anak sekolahan. smp
Reputasi : 0
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://www.friendster.com/theheadmaster

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by jack1988 on Sun Sep 23, 2007 6:48 am

Ransomon wrote:
jack1988 wrote:pisang emang multifungsi banget bro.. khusus na buat para cewek. Nyengir Nyengir

contohe??

Bingung

mau tau aja negh ah.. wkakakakakak.. Nyengir Nyengir Nyengir
avatar
jack1988
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 125
Age : 29
Lokasi : FIRE_place
Pekerjaan : NETworking
Reputasi : 0
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://www.zonehacking.usersboard.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by putu-yoga on Sun Sep 23, 2007 6:58 am

jack1988 wrote:
Ransomon wrote:
jack1988 wrote:pisang emang multifungsi banget bro.. khusus na buat para cewek. Nyengir Nyengir

contohe??

Bingung

mau tau aja negh ah.. wkakakakakak.. Nyengir Nyengir Nyengir
HANYA ORANG YG BERPIKIRAN NGERES YG TAU Nyengir

_________________
Ayo kita Majukan FPI (Forum pelajar indonesia)
avatar
putu-yoga
Admin
Admin

Male
Jumlah posting : 839
Age : 23
Lokasi : Sengata
Pekerjaan : Pelajar
Reputasi : 0
Registration date : 13.09.07

Lihat profil user http://putu.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by Lynn_ce on Sun Sep 23, 2007 8:07 am

ehm.. ehm.. cewe tulen here ..

panjang bgt.. males mbacanya..
avatar
Lynn_ce
Siswa Junior
Siswa Junior

Female
Jumlah posting : 139
Age : 24
Lokasi : tAnjunK 9aDin9 ciTy,,NoRtH SuMateRa
Pekerjaan : anaq SMP
Reputasi : 0
Registration date : 20.09.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by noe_lennon on Sun Sep 23, 2007 10:12 pm

aneh,org indonesia banyak mengekspor pisang tapi jarang memakannya.....

oia,,klo kulit pisang ada manfaatnya ga??

noe_lennon
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 526
Age : 24
Lokasi : dimana mana didesa dan dikota
Pekerjaan : apapun
Reputasi : 0
Registration date : 20.09.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by jack1988 on Sun Sep 23, 2007 11:38 pm

putu-yoga wrote:
HANYA ORANG YG BERPIKIRAN NGERES YG TAU Nyengir

wew.. NGERES gimana?? pisang kan mengandung mineral yang kompleks meliputi kalsium, kalium, chlor, natrium dan magnesium. kita tau bahwa hasil riset menyatakan kalo cew mempunyai resiko 3x lebih besar terhadap osteoporosis dari pada cow. nah, bisa kan di bilang kalo pisang itu emang multifungsi.. apalagi buat cew, cuz kandungan mineral di dalam na bisa mengurangi resiko osteoporosis dini.. lol! lol!

wedew.. oM PuTu lagi ngeres ya... Wakakakak Wakakakak Wakakakak Wakakakak
avatar
jack1988
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 125
Age : 29
Lokasi : FIRE_place
Pekerjaan : NETworking
Reputasi : 0
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://www.zonehacking.usersboard.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by jack1988 on Sun Sep 23, 2007 11:51 pm

Lynn_ce wrote:ehm.. ehm.. cewe tulen here ..

panjang bgt.. males mbacanya..

ati2 lynn, jgn bilang yang aneh2.. oM PuTu lagi GoL tuch Wakakakak Wakakakak Wakakakak
BTW NicK na bagus tuch.. sayang di kasi "ce". menurut gue bagusan Lynn doank..
avatar
jack1988
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 125
Age : 29
Lokasi : FIRE_place
Pekerjaan : NETworking
Reputasi : 0
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://www.zonehacking.usersboard.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by putu-yoga on Mon Sep 24, 2007 7:50 am

jack1988 wrote:
Lynn_ce wrote:ehm.. ehm.. cewe tulen here ..

panjang bgt.. males mbacanya..

ati2 lynn, jgn bilang yang aneh2.. oM PuTu lagi GoL tuch Wakakakak Wakakakak Wakakakak
BTW NicK na bagus tuch.. sayang di kasi "ce". menurut gue bagusan Lynn doank..
Hey, aku disnin... Nyengir
@lynn
Lynn_ce udah BAgus Sip

_________________
Ayo kita Majukan FPI (Forum pelajar indonesia)
avatar
putu-yoga
Admin
Admin

Male
Jumlah posting : 839
Age : 23
Lokasi : Sengata
Pekerjaan : Pelajar
Reputasi : 0
Registration date : 13.09.07

Lihat profil user http://putu.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by noe_lennon on Mon Sep 24, 2007 7:32 pm

putu-yoga wrote:
jack1988 wrote:
Lynn_ce wrote:ehm.. ehm.. cewe tulen here ..

panjang bgt.. males mbacanya..

ati2 lynn, jgn bilang yang aneh2.. oM PuTu lagi GoL tuch Wakakakak Wakakakak Wakakakak
BTW NicK na bagus tuch.. sayang di kasi "ce". menurut gue bagusan Lynn doank..
Hey, aku disnin... Nyengir
@lynn
Lynn_ce udah BAgus Sip

ini OOT bkn ????

noe_lennon
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 526
Age : 24
Lokasi : dimana mana didesa dan dikota
Pekerjaan : apapun
Reputasi : 0
Registration date : 20.09.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by putu-yoga on Mon Sep 24, 2007 7:37 pm

zeppelin_rocknroll wrote:
putu-yoga wrote:
jack1988 wrote:
Lynn_ce wrote:ehm.. ehm.. cewe tulen here ..

panjang bgt.. males mbacanya..

ati2 lynn, jgn bilang yang aneh2.. oM PuTu lagi GoL tuch Wakakakak Wakakakak Wakakakak
BTW NicK na bagus tuch.. sayang di kasi "ce". menurut gue bagusan Lynn doank..
Hey, aku disnin... Nyengir
@lynn
Lynn_ce udah BAgus Sip

ini OOT bkn ????
OK, mulai Stop OOT. aku Akui, aku oot kalau ketemu cewe Nyengir

_________________
Ayo kita Majukan FPI (Forum pelajar indonesia)
avatar
putu-yoga
Admin
Admin

Male
Jumlah posting : 839
Age : 23
Lokasi : Sengata
Pekerjaan : Pelajar
Reputasi : 0
Registration date : 13.09.07

Lihat profil user http://putu.co.nr

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by noe_lennon on Mon Sep 24, 2007 7:49 pm

putu-yoga wrote:
zeppelin_rocknroll wrote:
putu-yoga wrote:
jack1988 wrote:
Lynn_ce wrote:ehm.. ehm.. cewe tulen here ..

panjang bgt.. males mbacanya..

ati2 lynn, jgn bilang yang aneh2.. oM PuTu lagi GoL tuch Wakakakak Wakakakak Wakakakak
BTW NicK na bagus tuch.. sayang di kasi "ce". menurut gue bagusan Lynn doank..
Hey, aku disnin... Nyengir
@lynn
Lynn_ce udah BAgus Sip

ini OOT bkn ????
OK, mulai Stop OOT. aku Akui, aku oot kalau ketemu cewe Nyengir

owowowow...ehm ehm... Nyengir

udah ya stop jgn marahin sy lg

noe_lennon
Siswa Senior
Siswa Senior

Male
Jumlah posting : 526
Age : 24
Lokasi : dimana mana didesa dan dikota
Pekerjaan : apapun
Reputasi : 0
Registration date : 20.09.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by jack1988 on Mon Sep 24, 2007 11:20 pm

putu-yoga wrote:
OK, mulai Stop OOT.

Kaburrrrrr... Tung.. Tung.. Tung..
avatar
jack1988
Siswa Junior
Siswa Junior

Male
Jumlah posting : 125
Age : 29
Lokasi : FIRE_place
Pekerjaan : NETworking
Reputasi : 0
Registration date : 14.09.07

Lihat profil user http://www.zonehacking.usersboard.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khasiat Buah Pisang..!!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik